PENGARUH KUALITAS LAYANAN, FASILITAS, DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA KERETA API PROBOWANGI PADA PT. KAI (Persero) DAOP 9 JEMBER

Main Authors: MUTIARA SELINDA, ELSA, , PARJONO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya , 2020
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/32049
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/32049/29069
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian berguna untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, fasilitas dan harga tiket terhadap kepuasan pengguna kereta api Probowangi secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Penelitian berjenis deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebesar 933 pengguna kereta Probowangi dan sampel sebanyak 105 orang. Angket digunakan sebagai pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji T bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 10.073 dengan signifikansi 0.000 < 0.05, variabel fasilitas tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna sebesar -0.135 dengan signifikansi 0.893 > 0.05, dan variabel harga tiket tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna sebesar -0.449 dengan signifikansi 0.654 > 0.05. Berdasar nilai R Square sebesar 0.502 menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, fasilitas, dan harga tiket memiliki pengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna jasa. Kata Kunci: kualitas layanan, fasilitas, harga tiket, dan kepuasan pengguna jasa