PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KERAJINAN DAUR ULANG PADA KONSUMEN UKM TRIS FLOWER DI JAMBANGAN

Main Authors: TRI LAKSONO, EDWIN, EDWAR, MUHAMMAD
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/13217
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk daur ulang pada konsumen UKM TRIS FLOWER Di Jambangan. Populasi dalam penelitian ini semua pemakai produk kerajinan daur ulang UKM TRIS FLOWER. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Teknik sampling yang digunakan adalah metode Accidental Sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 64 responden yang diketahui dengan menggunkan Rumus Slovin. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan pengujian data dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Teknis analisis data yang digunakan berupa uji asumsi klasik,regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Secara parsial kualitas produk, harga dan promosi masing- masing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan urutan tertinggi promosi sebesar 0,445, diikuti kualitas produk sebesar 0, 156  dan terendah adalah harga sebesar 0, 128. Kata kunci:           kualitas produk, harga, promosi, keputusan pembelian.