INTERNALISASI NILAI KEPAHLAWANAN, KEPERINTISAN, KEJUANGAN DAN KESETIAKAWANAN SOSIAL (K3KS) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH
Main Author: | Zakso, Amrazi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/2218 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/2218/2163 |
Daftar Isi:
- Nilai kepahlawanan, keperintisan, kejuangan dan kesetiakawanan sosial (K3KS) merupakan nilai kesejarahan yang tidak boleh hilang dari darah nadi setiap warga Negara Indonesia. Namun, seiring dengan perubahan nilai di masyarakat, nilai-nilai tersebut mengalami degradasi bahkan nyaris hilang. Pembelajaran sejarah seyogianya tidak hanya cerita masa lalu, namun harus mampu menginternalisasi nilai -nilai kesejarahan tersebut dalam diri setiap peserta didik. Para guru sejarah sepantasnya melakukan refleksi diri untuk reorientasi baru pembelajaran sejarah yang salah satu di antaranya adalah reorientasi tujuan pembelajaran sejarah.Kata Kunci: Internalisasi Nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kejuangan , Kesetiakawanan Sosial, Pembelajaran Sejarah.