PERBEDAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PG PAUD KABUPATEN SIAK DENGAN KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU

Main Authors: Febrialismanto, Febrialismanto, Hukmi, Hukmi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/5114
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/5114/4793
Daftar Isi:
  • tugasnya. Dari hasil perbedaan kompetensi profesional yang dapat dilihat dari kabupaten Siakdan kabupaten Kampar dapat diketahui indikator kompetensi profesionalnya berikut ini,Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaranyang diampu (Konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidangpengembangan anak TK/PAUD) guru kabupaten Siak 72.69 (Cukup Tinggi) dan guru kabupatenKampar 66.85 (Cukup Tinggi). Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yangmendukung mata pelajaran yang diampu (Penggunaan berbagai alat permainan untukmengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasaanak TK/PAUD) guru kabupaten Siak 78.24 (Cukup Tinggi) dan guru kabupaten Kampar 80.48(Tinggi). Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung matapelajaran yang diampu (Menguasai berbagai permainan anak) guru kabupaten Siak 87.50 (Tinggi)dan guru kabupaten Kampar 93.06 (Tinggi). Menguasai standar kompetensi dan kompetensidasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu guru kabupaten Siak 61.42 (CukupTinggi) dan guru kabupaten Kampar 64.92 (Cukup Tinggi). Mengembangakan materipembelajaran yang diampu secara kreatif guru kabupaten Siak 70.83 (Cukup Tinggi) dan gurukabupaten Kampar 61,67 (Cukup Tinggi). Mengembangakan keprofesionalan secaraberkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif guru kabupaten Siak 78.82 (Cukup Tinggi)dan guru kabupaten Kampar 49.29 (Rendah). Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasiuntuk berkomunikasi dan mengembangkan diri guru kabupaten Siak 84.72 (Tinggi) dan gurukabupaten Kampar 72.86 (Cukup Tinggi). Dari hasil penelitian dapat diketahui dari tabelIndependent Samples Test nilai sig. (2-tailed) 0.000 sehingga dapat interpretasi bahwa Hoditolak dan Ha diterima. rtinya terdapat perbedaan antara kompetensi profesional guru PAUDKabupaten Siak dengan Kabupaten Kampar Provinsi Riau.From the result of different professional competence which can be seen from Siak and Kamparregency can be known the following professional competency indicator, Mastering the materials,structure, concept and thinking pattern of science that support the subjects that taught (Basicconcepts of math, science, language, social knowledge, religion, art, physical education, healthand nutrition as a means of development for every area of development of kindergarten children)Siak Regency teacher 72.69 (High enough) and Kampar Regency teacher 66.85 (High enough).Mastering the materials, structures, concepts and scientific thinking patterns that support thesubjects that are being taught (Use of various game tools to develop the physical, cognitive,social, emotional, moral, socio-cultural, and language aspects of Kindergarten children) SiakRegency teachers 78.24 High) and Kampar regency teachers 80.48 (High). Mastering thematerials, structures, concepts and mind-set of scholarship that support the subjects that aretaught (Mastering various children’s games) Siak regency teachers 87.50 (High) and Kamparregency teachers 93.06 (High). Master the standard of competence and basic competence ofsubject / field of development which is supported by Siak regency teacher 61.42 (High enough)and Kampar regency teacher 64.92 (High enough). Developing creativity-enhanced learningmaterials of Siak regency teachers 70.83 (High enough) and Kampar regencyteachers 61.67(High enough). Developing professionalism in a sustainable manner by doing the reflectiveaction of Siak regency teachers 78.82 (High enough) and Kampar Regency teacher 49.29 (Low).Utilizing information and communication technology to communicate and develop themselvesSiak regencyt eachers 84.72 (High) and Kampar regency teachers 72.86 (High enough). Fromthe research results can be seen from the Independent Samples Test table sig value. (2-tailed)0.000 so it can be interpretation that Ho is rejected and Ha accepted. there is a differencebetween the professional competence of Eearly Childhood teachers in Siak Regency and KamparRegency of Riau Province.