UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS III SD 017 PANDAU JAYA

Main Author: Zulfikar, Wahidar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4492
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4492/4288
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SD 017 Pandau Jaya Kabupaten Kampar, penelitian ini melibatkansemua siswa kelas III yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan penilaian pengamatan sikap keaktifan siswa, penilaian ketuntasan hasilbelajar.Hasil pengamatan proses pembelajaran yang kaitannya dengan sikap aktivitas siswaselama mengikuti pembelajaran, yaitu siklus I hasil prosentase sebesar 57,14% dan siklusII hasil prosentase sebesar 80,98%, ini ada peningkatan sebesar 23,84%.Kesimpulan dalampenelitian ini adalah pembelajaran lari jarak pendek menggunakan pendekatan MediaPembelajaran Yang Dimodifikasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan sarandalam penelitian ini adalah siswa diharapkan untuk meningkatkan semangat belajar. Guruhendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dan juga guru diharapkan lebihinovatif, kreatif dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuaidengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif danmenyenangkan.