PENERAPAN METODE FUN LEARNING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS I B SDN 017 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Yulinda, Nina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4490 http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4490/4286 |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Penerapan Metode Pembelajaran FunLearning dapat Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IB Siswa SD Negeri017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil pembelajaran tematik siswa kelas IB dengan menggunakan metodepembelajaran Fun Learning di SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu KabupatenKampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB SD Negeri 017 Pandau Jaya KecamatanSiak Hulu Kabupaten Kampar, berjumlah 28 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan untukmengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwametode Fun Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik siswa kelas IB SD Negeri017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dibuktikan, dimanadata awal diperoleh jumlah nilai 1780 dengan rata-rata kelas 63,57, tindakan pada siklus Idiperoleh jumlah nilai 2110 atau dengan rata-rata 75,36 setelah dilakukan tindakan pada siklusII diperoleh jumlah nilai 2485 atau dengan rata-rata nilai siswa 88,75. Dengan demikian hipotesisyang berbunyi “Jika metode fun learning diterapkan dengan baik, maka kemampuan siswakelas IB SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dalam dalampembelajaran tematik dapat ditingkatkan” bisa diterima.