PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LABORATORIUM FKIP UNIVERSITAS RIAU

Main Author: Kurnia, Rita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4486
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4486/4282
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menjelaskan bagaimana pengaruh mediagambar terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui apakah dapat media gambar meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Labor FKIP Universitas Riau. Rancangan penelitian ini adalah The Pre Test- PostTest Design, yang melibatkan 26 orang anak. Eksperimen dilakukan dengan memberikan mediagambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Analisis data pada penelitian iniadalah dengan menggunakan analisis uji beda (t-test) menggunakan seri program statistikSPSS 17 for windows untuk mengetahui pengaruh dari media gambar terhadap kemampuanmembaca anak. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil uji-t sebesar 17.86 (p=0,000) danbila dilihat persentasi peningkatannya dari skor rata-rata 6 sebelum menggunakan media,kemudian meningkat menjadi 8.5 berarti terdapat peningkatan sebesar 2.5 (dua koma lima).Kesimpulannya, bahwa dengan media gambar dapat mempengaruhi kemampuan membacaanak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Laboratorium FKIP Universitas Riau.