PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SDN 017 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Maryani, Maryani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4482 http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4482/4281 |
Daftar Isi:
- Hasil pembelajaran membaca puisi di kelas VA SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan SiakHulu Kabupaten Kampar, saat ini menunjukkan perolehan nilai yang kurang memuaskan, bahkanmencerminkan kegagalan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai data awal adalah 66,20.Berarti kemampuan membaca puisi di kelas VA berada di bawah KKM yang telah ditentukanyaitu 70. Saat ini siswa kelas VA SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu KabupatenKampar berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi Berdasarkandata yang tersebut diatas maka untuk meningkatkan keterampilan dalam membaca puisi siswadapat dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas VASD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, karena hal ini dapatdibuktikan dengan dilakukannya tindakan pada siklus I diperoleh skor total 1785 atau denganrata-rata 71,40, setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh skor total 2170 atau denganrata-rata nilai siswa 86.80. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Jika metode demonstrasiditerapkan dengan baik, maka kemampuan siswa kelas VA SD Negeri 017 Pandau JayaKecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dalam membaca puisi dapat ditingkatkan” bisaditerima.