PENGARUH POLA ASUH DAN BULLYING TERHADAP HARGA DIRI (SELF ESTEEM) PADA ANAK KELOMPOK B TK DI KOTA PEKANBARU TAHUN 2016
Main Authors: | Maria, Ilga, Novianti, Ria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4161 http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/4161/4018 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak yang agresif dan menyukai kekerasan, anak yangsering merasa cemas, anak yang kurang percaya diri, anak yang merasa dirinya lemah, anakyang merasa dirinya mempunyai kekuatan fisik dan berkuasa, dan anak yang kurangmendapatkan pengawasan dari orang tua dan guru di kelompok B TK Kota Pekanbaru. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan bullying terhadap harga diri (selfesteem). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola asuh (X1), bullying (X2),harga diri (self esteem) (X3). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, studi kausaldengan teknik analisis jalur. Peneltian ini dilakukan pada anak kelompok B TK di Kota Pekanbarupada bulan Juli hingga September tahun 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah kluster sampling (mengambil wakil dari setiap wilayah geografis yang ada). Sampeldalam penelitian ini berjumlah 99 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuhberpengaruh langsung positif terhadap harga diri (self-esteem), bullying berpengaruh langsungpositif terhadap harga diri (self esteem) dan pola asuh berpengaruh langsung positif terhadapbullying.