MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI BERNYANYI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK LABOR UNIVERSITAS RIAU

Main Authors: ', Hukmi, ', Febrialismanto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3843
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3843/3735
Daftar Isi:
  • Tulisan ini memuat hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di TK Labor UniversitasRiau. Berdasarkan pengamatan bahwa beberapa anak usia 4-5 tahun tidak dapat berbicara denganbaik terutama berkaitan dengan pengucapannya, khususnya terkait dengan suara dari huruf konsonan.Lalu dilakukanlah usaha peningkatan kemampuan berbicara anak tersebut melalui kegiatan bernyanyi.Kegiatan bernyanyi ini dilakukan dengan iringan musik keyboard, yang pelaksanaan tindakandilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan tiga (3) kali pertemuan. Sebelum diperlakukankemampuan berbicara anak hanya 48.68% yakni ‘mulai berkembang’. Setelah dilakukan tindakan,maka pada siklus 1 kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 61.16 %. Pada siklus 2 meningkatmenjadi 77.629 %. Peningkatan ini termasuk pada rentang ‘berkembang sangat baik’.