MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN ANAK TK EDUCATION 21 KULIM PEKANBARU

Main Author: Anthia, Kenny
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3831
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3831/3723
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di anak-anak di TK Education 21Kulim dari Payung Sekaki Pekanbaru, masih banyak kurangnya terlihat dari kepercayaanyang ditunjukkan anak ketika anak tiba di sekolah saat ibu meninggalkan mereka. Masihharus disertai orang tua. Anak-anak selalu menolak untuk menjadi pemimpin garis, ketikadi kelas melakukan tanya-jawab dan anak-anak hanya mengangguk dan menggeleng tanpaberani berekspresi, cerita di depan kelas masih disertai oleh guru, anak tidak inginmenunjukkan dia bekerja. kondisi lapangan tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuandari sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menentukan kepercayaan dari anak-anak berusia 4-5 tahun di TK Education 21 Payung Sekaki Pekanbaru sebelum pelaksanaanmetode proyek, untuk menentukan apakah ada metode pengaruh proyek pada kepercayaandari anak-anak berusia 4-5 tahun di TK Education 21 Payung Sekaki Pekanbaru dan untukmengetahui bagaimana peningkatan terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 siklus. pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah dalam bentuk lembar observasi. Jumlah sampel dalam penelitian iniadalah 20 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Berdasarkan hasil pengolahandata dan pengamatan kepercayaan telah meningkat dalam setiap siklus. Persentasekenaikan kepercayaan anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan proyek di TK Pendidikan21 Kulim Payung Sekaki Pekanbaru dapat dilihat dari langkah-langkah sebelumnyapersentase nilai yang diperoleh dengan rata-rata 38,67% dengan kriteria kurang. Setelahdiperbaiki pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata 45,22% dengan kriteria kurang,pada siklus II meningkat dengan persentase nilai rata-rata memperoleh nilai 74,11%, dapatdilihat bahwa metode proyek dapat meningkatkan rasa percaya diri anak-anak 4-5 tahundengan kriteria cukup.