PENGARUH POLA ASUH DAN BULLYING TERHADAP HARGA DIRI (SELF ESTEEM) PADA ANAK KELOMPOK B TK DI KOTA PEKANBARU TAHUN 2016
Main Author: | MARIA, ILGA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3829 http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3829/3721 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak yang agresif dan menyukai kekerasan, anak yangsering merasa cemas, anak yang kurang percaya diri, anak yang merasa dirinya lemah,anak yang merasa dirinya mempunyai kekuatan fisik dan berkuasa, dan anak yang kurangmendapatkan pengawasan dari orang tua dan guru di kelompok B TK Kota Pekanbaru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan bullying terhadap hargadiri (self esteem). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola asuh (X1),bullying (X2), harga diri (self esteem) (X3). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,studi kausal dengan teknik analisis jalur. Peneltian ini dilakukan pada anak kelompok B TKdi Kota Pekanbaru pada bulan Juli hingga September tahun 2016. Teknik pengambilansampel yang digunakan adalah kluster sampling (mengambil wakil dari setiap wilayahgeografis yang ada). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 anak. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pola asuh berpengaruh langsung positif terhadap harga diri (self-esteem), bullying berpengaruh langsung positif terhadap harga diri (self esteem) dan polaasuh berpengaruh langsung positif terhadap bullying.