PERBEDAAN TUJUAN KESIAPAN SEKOLAH ANTARA GURU TAMAN KANAKKANAK DAN ORANG TUA SE-KECAMATAN TAMPAN, PEKANBARU

Main Author: Solfiah, Yeni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3828
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3828/3720
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaantujuan kesiapan sekolah antara guru Taman Kanak-Kanak dan orang tua di Kecamatan Tampan,Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan atas dasar maraknya pelaksanaan calistung di TamanKanak-Kanak. Adapun calistung yang dilaksanakan dalam proses belajar mengajar ini dilakukanguru Taman Kanak-Kanak sebagai bentuk kesiapan sekolah bagi anak. Selain itu, kesiapansekolah merupakan syarat yang diberikan Sekolah Dasar untuk menerima siswa baru. Padahalkesiapan sekolah tidak hanya meliputi aspek bahasa dan kognitif. Alat pengumpul datamerupakan angket yang disebar kepada guru Taman Kanak-Kanak dan orang tua yang beradadi Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan kesiapansekolah anak menurut guru Taman Kanak-Kanak dan orang tua memiliki perbedaan yangbermakna. Berdasarkan Mann-Whitney Test. Maka terdapat perbedaan tujuan kesiapan sekolahmenurut guru Taman Kanak-Kanak dan orang tua.