PENERAPAN METODE BUZZ GROUP PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 MALANG
Main Author: | Kriswantoro, Wedy |
---|---|
Other Authors: | Laboratorium Micro Teaching Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Saintifik
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1992 http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1992/2092 |
Daftar Isi:
- Jurusan Civic Hukum Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang ABSTRAK: penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan pembelajaran Buzz Group dalam upaya meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran PKn pada kelas X1 IPA SMA Muhammadiyah 1 Malang dan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Buzz Group dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas X1 IPA SMA Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat naturalistik. “Naturalistik” menunjukkan bahwa pelaksanan penelitian terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak diimanipulasi keadaan dan kondisinya, menekankan pada deskripsi secara alami. Penerapan model pembelajaran pembelajaran cooperative Buzz Group dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kelas XI IPA pada mata pelajaran PKn di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Pada hasil angket siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada aktivitas berdiskusi peningkatan sebesar 1,89% karena pada siklus 1 sebesar 77,27 dan meningkat menjadi 79,16 pada siklus 2. Sedangkan aktivitas membuat kesimpulan mengalami penigkatan sebesar 40,91%, karena pada siklus 1 sebesar 59,09 dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Kata Kunci: metode buzz group, PKn, hasil belajar