PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIKULASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 2 MALANG KOTA BATU

Main Author: Sasole, Ali
Other Authors: Laboratorium Micro Teaching Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Saintifik , 2014
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1991
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1991/2091
Daftar Isi:
  • Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang   ABSTRAK: penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di MAN II Batu Malang dengan menerapkan metode Artikulasi. Model penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindak Kelas). Penelitian dilakukan melalui observasi lapangan dengan memperhatikan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan menilai dengan lembar observasi yang telah disiapkan. Penelitian ini dilakukan dua siklus, dua pertemuan pada siklus pertama dan satu pertemuan pada siklus kedua. Hasil analisis data menunjukkan presentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,75 % dengan kategorinya adalah belum tuntas, sedangkan pada siklus II adalah 94,11% dengan katergori baik, sehingga diperoleh peningkatan aktivitas sebesar 22,36%, berdasarkan hasil ini dapatdisimpulkan bahwa penerapan metode Artikulasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X  MAN II Malang 2013/2014.   Kata Kunci: metode pembelajaran artikulasi, aktivitas dan hasil belajar