PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION

Main Author: Novita, Ema
Other Authors: Laboratorium Micro Teaching Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Saintifik , 2014
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1953
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1953/2054
Daftar Isi:
  • Jurusan Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang   ABSTRAK: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema “Cita-citaku” kelas IV SDN Ketawanggede Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian yang dirancang dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas.  Tujuan utama Penelitian Tindakan Kelas adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, bukan untuk menghasilkan pengetahuan. rancangan Penelitian. Tindakan Kelas  yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Iskandar. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 29 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data Berdasarkan evaluasi hasil belajar siswa ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan yaitu pada siklus I hanya 55,18% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,30% atau dengan kata lain ketuntasan belajar klasikal dari siklus I dan siklus II meningkat menjadi 24,12%. Kata Kunci:  model pembelajaran  kooperatif  student team achievement division, hasil belajar