PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION
Main Author: | Novita, Ema |
---|---|
Other Authors: | Laboratorium Micro Teaching Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Saintifik
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1953 http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1953/2054 |
Daftar Isi:
- Jurusan Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang ABSTRAK: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema “Cita-citaku” kelas IV SDN Ketawanggede Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian yang dirancang dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan utama Penelitian Tindakan Kelas adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, bukan untuk menghasilkan pengetahuan. rancangan Penelitian. Tindakan Kelas yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Iskandar. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 29 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data Berdasarkan evaluasi hasil belajar siswa ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan yaitu pada siklus I hanya 55,18% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,30% atau dengan kata lain ketuntasan belajar klasikal dari siklus I dan siklus II meningkat menjadi 24,12%. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif student team achievement division, hasil belajar