PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK

Main Author: Hani, Aisyah
Other Authors: Laboratorium Micro Teaching Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Saintifik , 2014
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1948
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1948/2048
Daftar Isi:
  • Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang   ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas siswa selama melakukan pembelajaran matematika di kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Malang dengan penerapan metode kerja kelompok. Model penelitian yang digunakan adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilakukan melalui observasi lapangan dengan memperhatikan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan menilai dengan lembar observasi yang telah disiapkan. Penelitian ini dilakukan dua siklus, dua pertemuan pada siklus pertama dan satu pertemuan pada siklus kedua. Hasil analisis data menunjukkan presentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 34.97 % dengan kategorinya adalah sangat kurang, sedangkan pada siklus II adalah 76.14% dengan katergori baik, sehingga diperoleh peningkatan aktivitas sebesar 41.17%. berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Malang. Kata Kunci:         pembelajaran matematika, metode kerja kelompok, aktivitas belajar.