PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) SMA/MA PADA MATERI STOIKIOMETRI

Main Author: Yuliani, Yesi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Kimia Unimus , 2017
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2994
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2994/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan mengetahui kualitas buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri yang dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap: define, design, development, disseminate, tanpa tahap disseminate. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas; (2) skor rata-rata penilaian keseluruhan untuk buku panduan pendidik yang dikembangkan adalah 129,6 dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB) dan persentase keidealan 86,4%