PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) SMA/MA PADA MATERI STOIKIOMETRI
Main Author: | Yuliani, Yesi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Kimia Unimus
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2994 https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2994/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan mengetahui kualitas buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri yang dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap: define, design, development, disseminate, tanpa tahap disseminate. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas; (2) skor rata-rata penilaian keseluruhan untuk buku panduan pendidik yang dikembangkan adalah 129,6 dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB) dan persentase keidealan 86,4%