PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS USIA DINI MELALUI MODUL ANGGOTA TUBUH MANUSIA

Main Authors: Ardianti, Sekar Dwi, Ristiyani, Ristiyani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Kimia Unimus , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2989
http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2989/2908
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji pemahaman pendidikan seks usia dini melalui penerapan modul anggota tubuh manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD N 1 Mlati Lor Kudus sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 1 SD N 1 Purwosari Kudus sebagai kelas kontrol. Pembelajaran dengan menggunakan modul anggota tubuh manusia dilakukan di kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol menggunakan bahan ajar buku dari pemerintah. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung2,395 > ttabel 1,994. Hal tersebut berati bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor peningkatan pretest posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penggunaan modul anggota tubuh manusia memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan pemahaman pendidikan seks usia dini