MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI PADA MATERI KALOR
Main Authors: | Salamah, Ummi, Mursal, Mursal |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Unsyiah
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8408 http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8408/6801 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS) dan tanggapan peserta didik setelah diterapkan metode eksperimen berbasis inkuiri pada materi kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Kembang Tanjong dengan sampel diambil secara acak dan didapatkan kelas X1. Tahapan penelitian meliputi 3 tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda untuk melihat peningkatan KPS dan angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data penerapan metode eksperimen berbasis inkuiri dapat meningkatkan KPS peserta didik pada materi kalor di MAN 1 Kembang Tanjong. Data KPS menunjukkan nilai minimal pretest adalah 2,0, nilai minimal posttest adalah 12,0, dan N-gain sebesar 0,5 dengan skala 0-18. Peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapan metode eksperimen berbasis inkuiri dalam proses belajar mengajar.