PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN METODE PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Zarisa, Alfi, Saminan, Saminan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Unsyiah , 2017
Subjects:
Online Access: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8399
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8399/6793
Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddle. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desainonegroup pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil secara acak dari seluruh siswa kelas VIII, sehingga yang menjadi sampel adalah sebanyak 20 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi kreativitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data lembar observasi kreativitas siswa menggunakan tafsiran persentase. Peningkatan tes hasil belajar siswa dianalisis menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddledapat meningkatkan kreativitas siswa sebesar 42% dengan rata-rata skor kreativitas yang diperoleh siswa pada pertemuan pertama sebesar 2,45 dengan kategori cukup dan pada pertemuan kedua sebesar 2,87 dengan kategori baik. Pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddle mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama sebesar 19% dengan N-gain sebesar 0,41 dan tergolong dalam kategori sedang, dan sebesar 13% pada pertemuan kedua dengan N-gain sebesar 0,36 dan tergolong dalam kategori sedang.