PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PESERTA DIDIK SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA

Main Authors: Rejeki, Dwi Putri, Hasan, Muhammad, Gani, Abdul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Unsyiah , 2017
Subjects:
Online Access: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7646
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7646/6268
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan sikap peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E, serta memperoleh gambaran respon guru dan peserta didik terhadap penerapan model tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental design melalui one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Sampel yang terpilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XII IPA-3 yang dijadikan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, lembar observasi untuk mengetahui sikap peserta didik, serta angket untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap model pembelajaran learning cycle 5E. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data N-gain berdistribusi normal. Nilai rata-rata N-gain hasil belajar peserta didik yang diperoleh sebesar 35,9% termasuk kedalam kategori sedang. Secara deskriptif sikap belajar peserta didik juga menunjukkan adanya peningkatan. Guru dan peserta didik juga memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model pembelajaran learning cycle 5E, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model learning cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap peserta didik.