Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga
Main Authors: | Sarlivanti, Sarlivanti, Adlim, Adlim, Djailani, Djailani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Unsyiah
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7635 http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7635/6263 |
Daftar Isi:
- Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas penggunaan pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa pada konsep larutan penyangga di SMA. Populasi siswa kelas XI SMAN X Kota Lhokseumawe, dua kelas diambil secara acak dari 6 kelas terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa perkelas. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir untuk keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains, lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran serta angket untuk mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing. Hasil uji t menunjukkan penggunaan model pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran praktikum konvensional. Hal ini ditunjukan dari N-gain yang dinormalisasi keterampilan berpikir kritis untuk kelas eksperimen sebesar 0,66 lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 0,53. Begitu juga dengan N-gain yang dinormalisasi keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 0,70 lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 0,46.