PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP USAHA DAN ENERGI DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SISWA DI MAN RUKOH BANDA ACEH

Main Authors: Suriana, Suriana, Halim, A., Mursal, Mursal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Pascasarjana , 2017
Online Access: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/6591
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/6591/pdf_1
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa ditinjau dari gaya berpikir setelah penerapan model PBL berbasis eksperimen pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental, dengan bentuk nonequivalent control group design dengan melibatkan dua kelompok belajar yaitu kelas eksperimen dan kontrol yang dilaksanakan di MAN Rukoh Banda Aceh kelas XI semester ganjil pada tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data; 1) Tes untuk melihat peningkatan pemahaman konsep; 2) Tes angket gaya berpikir untuk mengetahui jenis gaya berpikir yang dimiliki siswa dalam menyerapkan informasi. Hasil menunjukkan bahwa; 1) Terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL berbasis eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dilihat dari N-Gain kedua kelas yaitu mencapai 71% kategori tinggi untuk kelas eksperimen dan 32% untuk kelas kontrol. 2) Pada jenis gaya berpikir acak abstrak kelas ekeperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Pada jenis gaya berpikir sekuensial konkret peningkatan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada jenis gaya berpikir sekuensial abstrak peningkatan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada jenis gaya berpikir acak konkret peningkatan pemahaman konsep kelas kontrol mencapai (4,00) sedangkan kelas eksperimen (0,00) karena kelas eksperimen tidak memiliki gaya berpikir acak konkret.