EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Main Authors: | Rahmat, Aulia, Caswita, Caswita, Bharata, Haninda |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/9755 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/9755/6373 |
Daftar Isi:
- This quasi-experimental research aimed to find out the effectiveness of guided discovery learning model viewed by student’s mathematics problem solving. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Al-Kautsar Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 as many as 268 students that was distributed into 8 classes. The sample of this research was students of VIII H class which was chosen by purposive random sampling technique. The design of this research was one-group posttest only design. Based on the result of data analysis, the percentage of students who have good mathematical problem solving in guided discovery learning was not over than 60%. The conclusion of this research was guided discovery learning model was ineffective viewed by student’s mathematical problem solving.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model guided discovery learning ditinjau dari pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 268 siswa yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII H yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian ini adalah one group posttest only design. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang mempunyai pemecahan masalah matematis yang baik dalam model guided discovery learning tidak lebih dari 60%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model guided discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemecahan masalah matematis siswa.Kata kunci: eksperimen semu, guided discovery learning, pemecahan masalah