DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN DENGAN METODE SOCRATES DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Main Authors: Yulisa, Yulisa, Yunarti, Tina, Widyastuti, Widyastuti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika Unila , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/8363
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/8363/5120
Daftar Isi:
  • This naturalistic qualitative research aimed to discribe students’ mathematical critical thinking disposition in Socrates Method and Contextual Approach learning. The subject of this research were students of VII-D class of SMPN 22 Bandarlampung in academic year of 2014/2015 that was determined by purposive sampling. The data of this research was qualitative data about students’ mathematical critical thinking disposition which were gotten by observation recording, questionnaire, interview, and documentation. The data analysis was done in four stages, which were coding, reducting, displaying, and verifying data. Based on this research, it can be concluded that Socrates Method and Contextual Approach learning can bring out the mathematical critical thinking disposition of students who have self confidence. Penelitian kualitatif naturalistik ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran dengan Metode Socrates dan Pendekatan Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 22 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini merupakan data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam empat tahap, yaitu memberi kode, mereduksi, menyajikan, dan memverifikasi data. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan Metode Socrates dan Pendekatan Kontekstual dapat memunculkan disposisi berpikir kritis matematis pada siswa yang mempunyai rasa percaya diri.Kata kunci: disposisi berpikir kritis, Metode Socrates, Pendekatan Kontekstual