EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Main Authors: | Karim, Miftahul, Caswita, Caswita, Asnawati, Rini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/7699 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/7699/4574 |
Daftar Isi:
- This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning model of STAD type viewed by student’s mathematical conceptual understanding. This research used post-test only control group design. The population of this research was all grade 8th students of SMP Ar-Raihan Bandarlampung in the academic year of 2013/2014. By cluster random sampling technique, it was chosen Hanafi and Maliki class as samples. The research data were obtained by test of mathematical conceptual understanding. The conclusion of this research was the cooperative learning model of STAD type was effective viewed by students’ mathematical conceptual understanding.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ar-Raihan Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014. Melalui teknik cluster random sampling terpilihlah kelas Hanafi dan Maliki sebagai sampel. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: konvensional, pemahaman konsep, STAD