PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Main Authors: | Aidi, Engla Octavia, Sutiarso, Sugeng, Coesamin, M. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/6312 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/6312/3902 |
Daftar Isi:
- This research aimed to know the effect of active learning strategy of peer lesson type towards mathematical conceptual understanding of students. The design which was used in this research was posttest only. The population of this research was all students of grade 7th of SMP Negeri 12 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014 that was distributed into six classes. The samples of this research were students of VII A and VII B class which were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical conceptual understanding. The conclusion of this research was active learning strategy of peer lesson type didnâ€TMt affect the students mathematical conceptual understanding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: peer lesson, pemahaman konsep matematis, strategi pembelajaran Â