PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Main Authors: | Saputra, Decky, Noer, Sri Hastuti, Nurhanurawati, Nurhanurawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3711 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3711/2295 |
Daftar Isi:
- This study aimed to determine the improvement of students mathematical communication skills on the implementation of cooperative learning model of student team heroic leadership compared with conventional learning. The study design was pretest posttest control design. Based on the analysis of data, it was found that the mean and indicators achievement of mathematical communication skills in STHL model was higher than conventional learning. The conclusion of this study was mean of improvement of mathematical communication skills of students in STHL model was higher than students in conventional learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada penerapan model pembelÂajaran kooperatif tipe student team heroic leadership dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata dan pencapaian indikator kemampuan komunikasi matematis pada model STHL lebih tinggi daripada pembelajarÂan konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STHL lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.Kata kunci:Â kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran konvensional, STHLÂ