PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Main Authors: | Riantika, Evi, Sutiarso, Sugeng, Noer, Sri Hastuti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3260 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3260/2032 |
Daftar Isi:
- This was a experimental research aimed to know the influence of cooperative learning model of cooperative integrated reading and composition (CIRC) type towards studentâ€TMs mathematical problem solving ability. CIRC is one of type of cooperative learning model where the students in a small group that consist of four or five students for discussing the problem. The design of this research was posttest only design. The population was all grade seven students in even semester of Junior High School State Pelita Cabang Empat Abung selatan in academic year 2012/2013. The samples were students of VII B and VII C class who chosen by purposive sampling technique. The data research was obtained by test of studentâ€TMs mathematical problem solving ability. Based on hypothesis testÂing result, it concluded that cooperative learning model of CIRC type influenced studentâ€TMs mathematical problem solving ability.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. CIRC merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang mengelompokkan siswa dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat atau lima orang tiap kelompoknya untuk mendiskusikan suatu masalah. Desain yang digunakan adalah posttest only desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Pelita Cabang Empat Abung Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB dan VIIC yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Kata kunci: CIRC, kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran kooperatif