UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Main Authors: | Effendi, Rustam, Sutiarso, Sugeng, Gunowibowo, Pentatito |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3091 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3091/1945 |
Daftar Isi:
- Classroom action research purposed to increase activity and mathematics learning result by applying cooperative learning model of STAD type. Data collection techniques which used were observation and test. This research consists of 3 cycles. Each cycles was covered by four steps of activity, such as planning, acting, observation and reflection. Based on the result of data analysis, it known that the percentage of student activity was increase, while the percentage of learning result was decrease in each cycles. The percentage of activity increased, that were 57,8%, 75,6% and 85% for I, II and III cycles respectivelly. The mathematics learning result decreased, that were 83,3%, 80% and 76,7% for I, II and III cycles respectivelly. It meant that the cooperative learning model STAD type increased the activity and mathematics learnig result of students of VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sidomulyo Lampung Selatan.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklusnya meliputi 4 tahapan kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa persentase aktivitas siswa meningkat, sedangkan untuk persentase hasil belajar menurun setiap siklusnya. Persentase aktivitas meningkat, yaitu 57,8%, 75,6% dan 85% berturut-turut untuk siklus I, II dan III. Persentase hasil belajar matematika menurun, yaitu 83,3%, 80% dan 76,7% berturut-turut untuk siklus I, II dan III. Hal ini berarti bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan aktivitas dan hasil belajar metematika siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sidomulyo Lampung Selatan.Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, STAD