EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Main Authors: | Sudirman, Muhammad, Coesamin, M., Gunowibowo, Pentatito |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/2444 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/2444/1525 |
Daftar Isi:
- This is quasi-experimental research with posttest only control group design that aimed to determine the effectiveness of STAD cooperative learning using audio-visual media towards students' mathematics achievement. The population was all students of X grade of SMA Negeri 15 Bandar Lampung with samples were all students of X1 and X2 class that were selected by purposive random sampling technique. Based on the analysis of data, it can be concluded that there was no difference studentsâ€TM achievement between STAD cooperative learning using audio-visual media and conventional learning.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemanfaatan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung dengan sampel siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Berdasarkan analisis data dari pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan tidak ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemanfaatan media audio visual dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata kunci: audio visual, hasil belajar matematika, STAD