Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis

Main Authors: Maisari, Dwi, Suyadi, Gimin, Asnawati, Rini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika Unila , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/227
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/227/88
Daftar Isi:
  • Make A Match merupakan salah pembelajaran kooperatif yang siswanya berdiskusi memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang mereka pegang kemudian mencari dan mencocokan pasangan kartu tersebut. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain posttest only karena sampel memiliki kemampuan awal relatif sama. Berdasarkan hasil analisis data maka kesimpulan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berpengaruh jika dibandingkan dengan pembelajaran yang biasanya diterapkan di sekolah terhadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata Kunci: Make A Match, Pemahaman Konsep Matematis