EFEKTIVITAS PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Main Authors: Putri, Novio Dinisa, Yunarti, Tina, Jalil, Arnelis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika Unila , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/2057
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/2057/1230
Daftar Isi:
  • This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of Problem-Based Learning towards studentâ€TMs mathematical problem solving skill.  Problem-Based Learning is a learning that is started by giving a nonroutine and ill-structure problem to students. The population was all students grade eight in Junior High School State 1 Way Jepara in academic years 2012/2013 that consist of 250 students and distributed into eight classes.  The samples were students of VIII.2 and VIII.3 class that were determined by purposive sampling technique. The design was posttest only control group design.  The data research was quantitative data and it was aqcuired by studentâ€TMs mathematical problem solving skill essay test.  Based on the research, it was concluded that Problem-Based Learning was effective towards studentâ€TMs problem solving skill (in planometry concepts), a case study in eighth grade students of even semester of Junior High School State 1 Way Jepara in academic years 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem-Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Problem-Based Learning adalah suatu pembelajaran yang diawali dengan memberikan masalah nonrutin dan ill-structure. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Way Jepara tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 250 siswa dan terdistribusi ke dalam delapan kelas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII.2 dan kelas VIII.3 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian ini adalah data kuantitatif dan diperoleh melalui instrumen tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa Problem-Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Way Jepara tahun pelajaran 2012/2013 pada materi Bangun Ruang Sisi Datar.Kata kunci: efektivitas, kemampuan pemecahan masalah matematis, problem-based learning