Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Main Authors: Saputri, Suci Indah, Caswita, Caswita, Widyastuti, Widyastuti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Lampung , 2019
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/19320
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/19320/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 363 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII F sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik tes melalui instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Proporsi satu pihak dan uji Mann Whitney U. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa siswa yang memiliki nilai kemampuan komunikasi matematis mencapai 71 setelah mengikuti model PBL tidak lebih dari 60%. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model PBL lebih dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model non PBL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model PBL tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, akan tetapi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti PBL lebih dari siswa yang mengikuti non PBL. kata kunci: problem based learning, komunikasi matematis, efektivitas