PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Main Authors: | Masyitoh, Fitria, Sutiarso, Sugeng, Gunowibowo, Pentatito |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1680 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1680/1015 |
Daftar Isi:
- This quasi experimental research aims to know the influence of problem posing approach towards studentâ€TMs mathematical conceptual understanding. Problem posing approach is one of the approachs that train students to ask the questions which they design according to their understanding. The research design is posttest only control group. The population is all seventh grade students who have middle and high ability in problem of Junior High School State 1 Natar in academic year 2012/2013. Sample is students of VIIA and VIIB class that determined by purposive sampling technique. The result of research shows that problem posing approach has influence towards studentâ€TMs mathematical conceptual understanding, a case study on seventh grade students of Junior High School State 1 Natar in academic year 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem posing terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Pendekatan problem posing merupakan salah satu pendekatan yang dapat melaÂtih siswa untuk bertanya dengan pertanyaan yang mereka rancang sendiri sesuai deÂngan pemaÂhaman siswa tersebut. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berkemampuan pemecahan masalah matematis sedang dan tinggi SMPN 1 Natar tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan problem posing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 1 Natar tahun pelajaran 2012/2013.Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, problem posing