Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Main Authors: Rahayu, Nimas, Asnawati, Rini, Bharata, Haninda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Lampung , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16730
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16730/pdf
Daftar Isi:
  • This quasi experimental research aimed to find out the implementation of discovery learning to improvestudent’s mathematical concept comprehension. The population in this research is the entire class VIII students of SMP Tri Sukses Natar years lessons 2017/2018 distributed in 4 class. The sample of this research was a Class VIII-C and VIII-D are chosen by purposive sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design. Research data obtained through mathematical concept understanding ability test students. Statistical tests are used namely test . Based on the results and working through of research, the conclusion of the research is implementation of discovery learning model can improve to student’s mathematical concept comprehension. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui mengetahui peningkatan pemahaman konsep dengan diimplementasikan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-C dan VIII-D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Design penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Uji statistik yang digunakan yaitu uji . Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: discovery learning, pemahaman konsep matematis