Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence Siswa
Main Authors: | Marinda, Hana, Noer, Sri Hastuti, Asnawati, Rini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16331 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16331/pdf |
Daftar Isi:
- This quasi experimental research aimed to improve student's mathematical critical thinking ability and self confidence through application of problem based learning. The research population were all students grades VII of SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 who distributed in seven class. The research sample were students grades VIIC and VIID that were chosen by purposive sampling technique. The research design was the pretest-postest control group design.The result of this research show that learning using PBL model couldimprove student's mathematical critical thinking ability, but couldn’timprove student's self confidence.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa melalui penerapan PBM. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII C dan VIII D yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis, namun tidak dapat meningkatkan self confidence siswa.Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, self confidence