Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Main Authors: Sara, Rizki Winjuni, Gunowibowo, Pentatito, Asnawati, Rini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika Unila , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14551
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14551/pdf
Daftar Isi:
  • This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of guided inquiry learning model in terms of student’s mathematical representation skill. The population of this research was studentsofgrade VIII in SMP Negeri 5 Bandarlampung in academic year 2016/2017 wich weredistributed into twenty classes. The sampling was done by purposive random sampling technique and it was chosen student of VIII O and VIII P. This research used pretest-posttest control group design. The instrument of this research was essay test of mathematical representation skill. The data analysis of this research used Mann-Whitney U test. Based on the result and discussion, itwas concluded that guided inquiry learning model was not effective in terms of student’smathematical representation skills. But, the increasing of student’s mathematical representation skills which was taught byguided inquiry learning model was better than conventional learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam dua puluh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII O dan VIII P. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan representasi matematis yang berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis. Namun, peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, representasi matematis