Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik
Main Authors: | Mariza, Khusnul, Bharata, Haninda, Haenillah, Een Yayah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14548 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14548/pdf |
Daftar Isi:
- Research and development aims to produce LKPD with an effective scientific approach in terms of the ability to understand the concept of learners. The subject of this research is the students of class VII SMP Negeri 3 Batanghari Lesson Year 2017/2018. The design of this research is Pretest-posttest control group design. Research data obtained through observation, interviews, questionnaires and tests the ability of conceptual understanding. The t-test is performed to find out the average difference in conceptual comprehension. LKPD with developed scientific approach has been valid by material experts and media experts. The result of field test showed improvement of students' concept comprehension ability using LKPD with scientific approach showed 74% achievement and average gain of 0.73. Based on the results it can be concluded that LKPD with an effective scientific approach to improve the ability to conceptual understanding of learners.Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dengan pendekatan saintifik yang efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah Pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan tes kemampuan pemahaman konsep. Uji-t dilakukan untuk mengetahui perbedaan rata-rata pada kemampuan pemahaman konsep. LKPD dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan ahli media. Hasil uji lapangan menunjukan peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan LKPD dengan pendekatan saintifik menunjukkan pencapaian 74% dan rata-rata gain 0,73. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.Kata kunci: LKPD, pemahaman konsep, pendekatan saintifik