PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Main Authors: Hermeliyati, Pitri, Sutiarso, Sugeng, Nurhanurawati, Nurhanurawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika Unila , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1395
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1395/832
Daftar Isi:
  • This research is a quasi experimental that aim for knowing the influence of numbered head together (NHT) cooperative learning toward studentâ€TMs mathematical conceptual understanding. This research uses post-test only control group design. Population of this research is all studentâ€TMs of VIII grade even semester SMP Negeri 26 Bandar Lampung school years 2012/2013 and as sample is studentâ€TMs of VIII C and VIII F class whose choosen by purposive sampling technique from seven classes. This data is the value of studentâ€TMs mathematical conceptual understanding that is obtained by test. The result of this research showed that value of studentâ€TMs mathematical conceptual understanding with cooperative learning model of NHT type is higher than conventional learning.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian adalah post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 dan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII C dan VIII F yang dipilih dari tujuh kelas dengan cara purposive sampling. Data penelitian berupa nilai pemahaman konsep matematis yang diambil melalui teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai pemahaman konsep matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: numbered head together, pembelajaran kooperatif, penguasaan konsep matematis