Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa
Main Authors: | Sapitri, Nonik Mega, Hastuti Noer, Sri, Widyastuti, Widyastuti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13202 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13202/pdf_31 |
Daftar Isi:
- The aimed of this research was to know the improvement of student’s mathematical critical thinking skills and self confidence after implementation of contextual learning. The population of this research was students of grade VIII in SMP Negeri 25 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into nine classes. The samples of this research was students of VIII F and VIII G classes which were chosen by puposive sampling technique. The design was pretest-posttest control group design. Research data were obtained through mathematical critical thinking test and self confidence scale. Based on the result of the research, we obtained concluded that implementation of contextual learning can improve of student’s mathematical critical thinking skills and self confidence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dan VIII G yang diambil dengan teknik puposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala self confidence. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa. Kata kunci: berpikir kritis matematis, pembelajaran kontekstual, self confidence.