Desain Didaktis Materi Segitiga dan Segiempat untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa
Main Authors: | Kurniawati, Rini, Yunarti, Tina, Sutiarso, Sugeng |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13059 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13059/pdf_21 |
Daftar Isi:
- This research was aimed to describe development of didactical design of triangle and rectangular to increase students’ mathematic spacial ability. This research used seven first steps of Borg and Gall Research and Development. This research based on the lack of students mathematical ability on geometri. Preliminary study start the research to get students’ learning obstacles at students of grade VIII-K SMPN 5 Bandarlampung. The developed didactical design was implemented to 35 students of grade VII-L SMPN 5 Bandarlampung. After this implementation, the developed didactical design was revised. The result of this research was didactical design which is shown at lesson plan (RPP) to increase students mathematic spasial ability. After the implementation, find out that students mathematic spasial ability is on middle level, about 66.92.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pegembangan desain didaktis materi segitiga dan segiempat untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah tujuh langkah awal penelitian dan pengembanganBorg and Gall.Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan matematika anak pada mata pelajaran geometri. Penelitian diawali dengan studi pendahuluan untuk mendapatkan data kesulitan belajar siswa dan kegiatan belajar yang dilakukan yang dilaksanakan di kelas VIII-K SMPN 5 Bandarlampung.Selanjutnya dikembangkan desain didaktis yang diujicobakan terbatas kepada 35 siswa kelas VII-L SMP 5 Bandarlampung.Dari uji coba terbatas dilakukan analisis untuk menyusun desain didaktis revisi.Hasil penelitian ini berupadesain didaktis yang tercermin dalam RPP untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa.Temuan dari pengembangan penelitian ini adalah kemampuan spasial matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan desain didaktis yang dikembangkan berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 66.92.Kata kunci: Desain Didaktis, Kemampuan Spasial Matematis, Socrates Kontekstual.