PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Main Authors: Asri, Eka Yulia, Noer, Sri Hastuti, Haenillah, Een Yayah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika Unila , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12246
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12246/8756
Daftar Isi:
  • This research and development aimed to develop guided discovery learning model and find out it’s effectiveness towards students mathematical critical thinking ability. The stages of development were started from preparation phase, design product, design validation, individual test, small group test, and field test. The subject of this research was students of tenth grade at SMAN 7 Bandar Lampung. The data of this research were obtained by mathematical critical thinking ability test. The preparation showed that it was need to developed guided discovery learning. Based on the result in this research, the design validation was in excellent category, individual test was in good category, and small group test was in excellent category. The result of field test showed that increasing of students mathematical critical thinking ability after taught by guided discovery learning was quite effective category. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran penemuan terbimbing dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari tahap persiapan, desain produk, validasi desain, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Bandar Lampung. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis. Tahap persiapan menunjukkan kebutuhan dikembangkannya pem-belajaran penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian, validasi desain termasuk dalam kategori sangat baik, uji coba perorangan termasuk dalam kategori baik, dan uji coba kelompok kecil termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diberikan pembelajaran penemuan terbimbing termasuk dalam kategori cukup efektif.Kata kunci: penemuan terbimbing, berpikir kritis, efektivitas