EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Main Authors: Asiah, Rita, Yunarti, Tina, Asnawati, Rini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika Unila , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12001
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12001/8576
Daftar Isi:
  • This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of contextual approach in terms of student’s understanding of mathematical concept. The design which was used was post-test only control group design. The population of this research was all students of grade VIII of Junior High School of Tri Sukses Natar Lampung Selatan in academic year of 2015/2016. The purposive random sampling technique was used to take two classes as the research samples. The data of this research were obtained by test of understanding of mathematical concepts. Based on the result and discussion, it could be concluded that contextual approach was effective in terms of student’s understanding of mathematical concept. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Teknik purposive random sampling digunakan untuk mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian. Data penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, pendekatan kontekstual