PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY

Main Authors: Lestari, Fitria, Noer, Sri Hastuti, Asmiati, Asmiati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika Unila , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12000
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12000/8575
Daftar Isi:
  • This research development aimed to develop of problem based worksheet for increasing mathematical communication ability and students’ self efficacy. This study was initiated with preliminary studies (need anaysis), the composing, the validation, the initial trial period and the field trial of worksheet. The subject of this research was students of VIII D class of MTs Negeri 2 Bandar Lampung. The result of preliminary study indicated that there was a need to develop problem based worksheet. The arranges of worksheet were started with the draft-preperation and all of components based on the composing guidelines. The result of the validation showed that the worksheet got the standard qualification for its content and design. The field trial results showed that students’ mathematical communication aspect was good enough because more than 75 % of the students have reached minimum criteria and students’ self efficacy did not show any significant changes.Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis masalah guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan (analisis kebutuhan), penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya LKPD berbasis masalah. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun rancangan dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa aspek komunikasi matematis siswa cukup baik karena lebih dari 75% siswa telah memenuh kriteria ketuntasan minimal dan self efficacy siswa belum menunjukan perubahan yang signifikan.Kata kunci: LKPD berbasis masalah, komunikasi matematis,self efficacy