PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS IRISAN KERUCUT UNTUK MEMFASILITASI DISPOSISI MATEMATIS SISWA
Main Authors: | Sulistiyanti, Herry, Noer, Sri Hastuti, Yunarti, Tina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/11994 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/11994/8571 |
Daftar Isi:
- The research aimed to develop conic didactical design that was able to reduce the learning obstacle and find out the results of its implementation in terms of student’s disposition of mathematical. The Learning obstacle means that the learning difficulties experienced by students when studying conic sections. The subject of this research was students of XIth grade for specialisation Mathematics and Natural Sciences program at SMAN 1 Kalirejo Central Lampung in academic years of 2015/2016. The data collection techniques used triangulation of observation, interviews, documentation and questionnaires. The results showed that the conic didactical design able to facilitate mathematical disposition and reduce the learning obstacles that exist. The analysis of the student's response and findings during implementation used for a basis of further improvement of the didactical design.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain didaktis irisan kerucutyang mampu mengurangi hambatan belajar dan mengetahui hasil implementasinya ditinjau daridisposisi matematis siswa. Adapun hambatan belajar yang dimaksud adalah kesulitan belajar yang dialami siswa pada saat mempelajari konsep irisan kerucut. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI program peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam di SMAN 1 Kalirejo Lampung Tengah tahunpelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis irisan kerucut mampu memfasilitasi munculnya disposisi matematis siswa dan mengurangi hambatan belajar yang ada. Analisis terhadap respon siswa dan temuan-temuan selama implementasi dijadikan landasan untuk perbaikan desain didaktis irisan kerucut selanjutnya.Kata kunci: desain didaktis, disposisi matematis, irisan kerucut