Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada Materi Pokok Luas Permukaan serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Faradhila, Nora; Pendidikan Matematika FKIP UNS |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
F.KIP Universitas Sebelas Maret
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/671 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/671/1082 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, baik secara umum maupun ditinjau pada masing-masing tingkat kemampuan spasial siswa. Selain itu, untuk mengetahui apakah siswa dengan kemampuan spasial yang lebih tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan spasial yang lebih rendah pada materi pokok luas permukaan serta volume prisma dan limas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura sebanyak 251 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah nilai mid semester genap tahun ajaran 2011/2012, tes prestasi belajar matematika, dan tes kemampuan spasial siswa. Uji coba instrumen meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode Lilliefors serta uji homogenitas variansi menggunakan metode Bartlett dan uji-F. Uji keseimbangan menggunakan uji-t. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, baik secara umum maupun ditinjau pada masing-masing tingkat kemampuan spasial serta untuk siswa yang mempunyai kemampuan spasial tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai kemampuan spasial sedang dan rendah sedangkan siswa yang mempunyai kemampuan spasial sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai kemampuan spasial rendah. Kata Kunci: Missouri Mathematics Project, Pembelajaran Langsung, Kemampuan Spasial