EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA SUB MATERI BESAR SUDUT- SUDUT, KELILING DAN LUAS SEGITIGA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 2 JATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2
Main Author: | Rahayu, Novi Sri; Prodi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA F.KIP Universitas Sebelas Maret Surakarta |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
F.KIP Universitas Sebelas Maret
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/1462 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/1462/1046 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) diantara model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran konvensional, manakah yang dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada sub materi besar sudut-sudut, keliling dan luas segitiga. (2) diantara kategori aktivitas belajar matematika siswa (tinggi, sedang, dan rendah), manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada sub materi besar sudut-sudut, keliling dan luas segitiga. (3) pada tiap-tap model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik diantara kategori aktivitas belajar matematika siswa (tinggi, sedang, dan rendah) (4) pada tiap-tiap kategori aktivitas belajar matematika siswa (tinggi, sedang, dan rendah), manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik diantara model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011, yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa pada kelas eksperimen sebanyak 40 siswa sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 42 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) metode dokumentasi untuk data kondisi awal siswa sebelum penelitian dan sebagai salah satu pertimbangan penelitian (2) metode angket untuk data aktivitas belajar matematika siswa (3) metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa materi besar sudut-sudut, keliling dan luas segitiga. Uji coba instrumen dilakukan di SMP Negeri 2 Mojolaban. Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji-t. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan uji persyaratan analisis data adalah uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Kata Kunci: Problem solving, konvensional, aktivitas belajar matematika.