Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa ditinjau dari Tingkat Ketangguhan Belajar
Main Authors: | ., KADEK WAHYU ARDI PUTRA, ., PROF. DR. I MADE ARDANA, M.Pd., ., PROF.DR.PHILL. I GUSTI PUTU SUDIARTA, M. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/2194 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan berbantuan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep matematika ditinjau dari tingkat ketangguhan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2 yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Denpasar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Denpasar sebanyak 338 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 96 siswa yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Dari 8 kelas diambil 2 pasang kelas sebagai sampel penelitian, sepasang kelas sebagai kelompok eksperimen dan sepasang kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan berbantuan multimedia interaktif, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa angket tingkat ketangguhan belajar dan tes pemahaman konsep matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur melalui uji F. Hasil penelitian yang diproleh menunjukkan bahwa: 1) F_(A Hit)=22,40>F_Tab=3,94, artinya pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan berbantuan multimedia interaktif lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) F_(AB Hit)=1.04F_Tab=3,94, it’s mean student’s conceptual understanding of mathematics who followed learning using discovery learning model aided by interactive multimedia was better than that students who followed learning using conventional learning. 2) F_(AB Hit)=1.04